BAB I.
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belangkang Kegiatan K2NM
Kuliah
kerja nyata ini didasarkan pada falsafah pendidikan yang pada undang-undang dasar
1945 dan undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal 20 ayat 2
menyatakan bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan,
penelitian, dan pengabdian masyarakat.
Dalam rangka mengenal tridharma perguruan tinggi
Universitas Palangkaraya. Kuliah kerja nyata merupakan bagian intergral
dari kurikulum pendidikan tinggi. Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi
Pendidikan, Penelitian dan pengabdian pada masyarakat merupakan satu kesatuan
yang utuh dan tidak dapat dipisahkan. Kuliah Kerja Nyata
Mahasiswa (K2NM) merupakan suatu
kegiatan yang sudah diprogramkan oleh suatu lembaga perguruan tinggi.
Dengan demikian Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM)
merupakan implementasi
dari salah satu amanat Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian
pada masyarakat serta implementasi dari ilmu pengetahuan yang di dapat selama
berada di meja kuliah. Karena dimana kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM)
memiliki manfaat
dan tujuan yang sangat besar bagi kelangsungan kehidupan masyarakat, sehingga
program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM)
akan
mendapatkan pengetahuan serta pengalaman langsung yang di dapat oleh
mahasiswa selama mengikuti proses Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM)
tersebut.
Di samping itu Kuliah Kerja Nyata (KKN) dapat
memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat dalam berbagai bidang ilmu,
seperti bidang sosial, budaya, bidang keagamaan maupun dalam bidang-bidang yang
lain sehingga program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dapat menyentuh langsung dengan
masyarakat serta membantu program pemerintah daerah.
Oleh sebab itu program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM)
dapat memberikan manfaat
yang di rasakan secara langsung oleh masyarakat, sehingga program-program yang
di lakukan dalam proses Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM)
dapat memberikan
konstribusi dalam kehidupan masyarakat setempat karena di mana dari berbagai
program yang di laksanakan selama menjalankan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM)
adalah program yang
sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga program tersebut dapat di
rasakan secara langsung hasilnya oleh masyarakat itu sendiri.
1.2 Tujuan
Kegiatan K2NM
Secara umum kuliah kerja nyata mempunyai 4
(empat) tujuan, yaitu :
1. Mahasiswa memperoleh pengalaman
belajar yang berharga melalui keterlibatan dalam masyakarat yang secara
langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan
pembangunan secara pragmatis interdisipliiner.
2. Mahasiswa dapat memberikan pemikiran berdasarkan ilmu, tekhnologi
dan seni dalam upya menumbuhkan, mempercepat gerak serta mempersiapkan kader
pembangunan.
3. Meningkatkan hubungan antara perguruan tinggi dengan pemerintah
daerah, instasi terkait dan masyarakat sehingga perguruan tinggi lebih dapat
berperan dan menyesuaikan pendidikan dan penelitiannya dengan tuntutan
realistis dari masyarakat yang sedang membangun.
1.3 Profil
Lokasi Kegiatan K2NM
SMK N 5 Palangka Raya merupakan salah satu SMK yang
ada di Palangka Raya tepatnya di kecamatan Sebangau desa Kereng Bengkirai di
jalan maduhara yang berdiri pada tanggal 30 agustus 2010. SMK N 5 Palangka Raya
adalah SMK yang bergerak pada bidang studi agribisnis dan agroteknologi,
kompetensi kelahliannya ada pada agribisnis perikanan air tawar.
Adapun visi dari SMK N 5 Palangka Raya
yaitu “menjadikan SMK pembaharuan yang maju,, modern, berorientasi pasar global
yang didukong oleh profesionalisme dan potensi daerah”. Sedangka misi SMK
antara lain:
1.
Mendukung visi
kota Palangka Raya dalam pemberdayaan potensi daerah.
2.
Mengupayakan
terwujudnya tujuan pedidikan nasional, agar menjadi meanusia beriman dan
bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, kreatif dan
mandiri.
3.
Mempersiapkan
lulusan sebagai potensi masyarakat khususnya dalam bidang usaha perikanan dan
umumnya pada usaha agrobisnis, sebagai tenaga kerja yang professional dan
mandiri.
4.
Menjalin
kerjasama dan kemitraan dengan pihak terkait dalam bidang pengembangan sekolah
dan usaha/ wirausaha.
BAB II.
PERMASALAHAN
PERMASALAHAN DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA
A. Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup
1. Masalah
Saat pertama kali
melakukan survey jika dilihat dari tempat lingkungannya terdapat begitu luas
areanya tapi tempatnya terasa begitu gersang dan dipenuhi ilalang. Serta kesadaran akan kebersihan di SMK
belum cukup terlihat, ini terbukti di sekitar toilet masih kotor dan tak ada
alat penyiram air.
2. Alternatif Pemecahan Masalah
Kami dari kelompok 21
memasang slogan kebersihan disekitar toilet dan memberikan sabun dan gayung. Terkait
lingkungan lingkungan SMK kami kelompok 21
membersihkan lingkungan sekitar SMK dan banyak menanam berbagai jenis tanaman
seperti pohon kelapa, singkong, ketapang,nanas dan berbagai jenis bunga-
bungaan.
B. Bidang Sarana dan
Prasarana
1. Masalah
Sarana dan prasarana yang
ada di SMKN 5 Palangka Raya sudah memadai hanya saja kurang dirawat oleh pihak
sekolah.
2. Alternatif Pemecahan Masalah
Kami dari kelompok 21 membersihkan sarana dan prasarana sekolah dan juga
mempercantiknya sehingga dapat terlihat lebih berkesan.
BAB III
RENCANA PROGRAM
3.1
Rencana
Program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM)
Rencana
Program yang akan dilaksanankan dalam waktu 40
hari selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa
(K2NM) periode pertama tahun 2013 ini.
Program K2NM dilaksanakan di Kelurahan Kereng
Bengkirai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya. Adapun 2 (dua) rencana program yang
terdiri dari beberapa bidang yang akan dilaksanakan di Kelurahan Kereng Bengkirai, yaitu :
1. Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup
2. Bidang
Sarana dan Prasarana
Program
kerja yang dibagi menjadi dua
bagian merupakan satu langkah untuk memudahkan kelompok dalam pembagian tugas
dalam kelompok kerja. Untuk setiap bidang pekerjaan tersebut dikerjakan oleh
kelompok yang telah dibagi. Dalam melaksanakan program kerja dan kegiatan
Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM).
Tabel 1. Rencana
Program Kerja Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM) Kelompok 21
BAB IV
HASIL PELAKSANAAN PROGRAM
4.1
Hasil
Pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM)
Hasil Pelaksanaan Program K2NM yang
telah dilaksanakan mencapai rata-rata sampai 100% (seratus
persen), adapun program yang telah
dilaksanakan adalah sebagai berikut:
o Menanan berbagai macam bunga.
o Menanam pohon ketapang, pohon nanas, pohon kelapa,
singkong,dan lombok.
o Membuat kolam ikan.
o
Membuat pot dari
bambu.
o Membuat podium, mengecat tiang bendera dan bak sampah.
o Membuat taman bunga dalam skala kecil.
Tabel 2. Hasil
Pelaksanaan Program K2NM (Kegiatan Harian)
No.
|
Bidang
Program Kegiatan yang dilaporkan
|
Pencapaian
Hasil
|
|
%
|
Uraian
Kegiatan yang telah dilakukan
|
||
1.
|
Menanan
berbagai macam bunga.
|
100
|
Menanam bunga disekitar jalan masuk SMK dan didepan
gedung-gedung SMK.
|
2.
|
Menanam pohon
ketapang, pohon nanas, pohon kelapa.
|
100
|
Pohon ditanam di sekitar area SMK.
|
3.
|
Membuat kolam
ikan.
|
100
|
Membuat model kolam ikan di teras kantor guru.
|
4.
|
Membuat pot dari bambu.
|
100
|
Membuat kerajinan tangan dari bambu.
|
5.
|
Membuat
podium, mengecat tiang bendera dan bak sampah.
|
100
|
Membuat podium upacara dan mengecat tiang bendera
serta bak sampah.
|
6.
|
Membuat taman
bunga dalam skala kecil.
|
100
|
Membuat taman kecil diarea jalan masuk SMK.
|
BAB V
PEMBAHASAN
Pembahasan mengenai hasil
pelaksanaan setiap program dalam K2NM di SMK
N 5 Palangka Raya yang mendasari beberapa bidang, yaitu :
5.1. Bidang
Kebersihan dan Lingkungan Hidup
Membantu dalam bidang kebersihan dan lingkungan hidup
dilaksanakan pada bulan mei hingga juni 2013 dan sudah mencapai
realisasi 100%.
Dalam hal ini kami sebenarnya memprogramkan rumah
pakan lestari tapi terhambat karena batas waktu kegiatan K2NM yang telah usai
dan kurangnya biaya di dalam uang kas kelompok 21. Sehingga kami sepakat untuk
membatalkan dalam pembuatannya. Sedangkan dalam program lainnya sudah mencapai
realisasi 100%.
5.2. Bidang Sarana dan Prasarana
Dalam bidang sarana dan prasarana
yang dilaksanakan oleh mahasiswa K2NM sudah tersusun dalam program yang
direncanakan mahasiswa, yaitu :
a. Pembuatan podium upacara
dalam
proses pembuatan podium ini tidak membutuhkan waktu dan biaya dikarenakan
alat-alat yang diperlukan sudah ada di sekolah dan pengerjaannya tidak cukup
sulit. Sehingga terealisasi 100%.
b. Pengecetan
tiang bendera, bak sampah dan pembuatan pot bunga.
Sesuai dengan apa yang
diinginkan oleh sekolah
setempat, untuk memberi cat pada tiang bendera
dan bak sampah, maka kelompok kami memasukkan program
tersebut pada salah satu program kami.
Maka
program tersebut juga dapat terealisasi 100% sesuai yang diharapkan. Dan dengan inisiatif kelompok untuk mempercantik
ruangan kelas, kami membuat pot bunga dari bambu.
BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN
A. Kesimpulan
Dengan menyimak pada permasalahan yang terjadi di SMKN 5 Palangka Raya dapat kita tarik
kesimpulan bahwa SMKN
5 Palangka Raya masih memerlukan perhatian di area lingkungannya yang luas. Sehingga
diperlukan perhatian dari semua pihak agar dapat meningkatkan dan
mengembangakan SMKN 5 Palangka Raya.
Kehadiran mahasiswa K2NM terasa cukup membantu pihak sekolah dalam upaya membantu dalam pemecahan masalah yang setidaknya mampu
menjalankan dengan baik bukan saja untuk masyarakat tetpi juga dalam rangka
menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diharapkan mampu dirasakan oleh
mahasiswa K2NM sendiri.
B. Saran-saran
Untuk semua pihak agar mampu memberikan perhatian dan memikirkan yang membangun. Dan program K2NM harus terus dijalankan,
demi upaya perubahan kearah
yang lebih baik.
Kepada pemerintahan, instansi-instansi terkait agar kiranya
memperhatikan aspirasi dari bawah kalangan masyarakat, mendukung
program-program yang berorientasi pada pembangunan desa, program K2NM salah satunya, dukungan
yang diharapkan bukan hanya moril tetapi tindakan nyata melalui upaya realisasi
program dan aspirasi.
0 komentar:
Posting Komentar