Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

laporan akhir kelompok 21 (Kereng Bengkirai)

BAB I. PENDAHULUAN
1.1    Latar Belangkang Kegiatan K2NM
Kuliah kerja nyata ini didasarkan pada falsafah pendidikan yang pada undang-undang dasar 1945 dan undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal 20 ayat 2 menyatakan bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
Dalam rangka mengenal tridharma perguruan tinggi Universitas Palangkaraya. Kuliah kerja nyata merupakan bagian intergral dari kurikulum pendidikan tinggi. Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan pengabdian pada masyarakat merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan. Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM) merupakan suatu kegiatan yang sudah diprogramkan oleh suatu lembaga perguruan tinggi.
Dengan demikian Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM) merupakan implementasi dari salah satu amanat Tri Darma Perguruan Tinggi  yaitu Pengabdian pada masyarakat serta implementasi dari ilmu pengetahuan yang di dapat selama berada di meja kuliah. Karena dimana kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM) memiliki  manfaat dan tujuan yang sangat besar bagi kelangsungan kehidupan masyarakat, sehingga program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM) akan mendapatkan  pengetahuan serta pengalaman langsung yang di dapat oleh mahasiswa selama mengikuti proses Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM) tersebut.
Di samping itu Kuliah Kerja Nyata (KKN) dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat dalam berbagai bidang ilmu, seperti bidang sosial, budaya, bidang keagamaan maupun dalam bidang-bidang yang lain sehingga program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dapat menyentuh langsung dengan masyarakat serta membantu program pemerintah daerah.
Oleh sebab itu program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM) dapat memberikan manfaat yang di rasakan secara langsung oleh masyarakat, sehingga program-program yang di lakukan dalam proses Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM) dapat memberikan konstribusi dalam kehidupan masyarakat setempat karena di mana dari berbagai program yang di laksanakan selama menjalankan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM) adalah program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga program tersebut dapat di rasakan secara langsung  hasilnya oleh masyarakat itu sendiri.

1.2    Tujuan Kegiatan K2NM
Secara umum kuliah kerja nyata mempunyai 4 (empat) tujuan, yaitu :
1.      Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar  yang  berharga melalui  keterlibatan dalam masyakarat yang secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan pembangunan secara pragmatis interdisipliiner.
2.      Mahasiswa dapat memberikan pemikiran berdasarkan ilmu, tekhnologi dan seni dalam upya menumbuhkan, mempercepat gerak serta mempersiapkan kader pembangunan.
3.      Meningkatkan hubungan antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah, instasi terkait dan masyarakat sehingga perguruan tinggi lebih dapat berperan dan menyesuaikan pendidikan dan penelitiannya dengan tuntutan realistis dari masyarakat yang sedang  membangun.









1.3    Profil Lokasi Kegiatan K2NM
SMK N 5 Palangka Raya merupakan salah satu SMK yang ada di Palangka Raya tepatnya di kecamatan Sebangau desa Kereng Bengkirai di jalan maduhara yang berdiri pada tanggal 30 agustus 2010. SMK N 5 Palangka Raya adalah SMK yang bergerak pada bidang studi agribisnis dan agroteknologi, kompetensi kelahliannya ada pada agribisnis perikanan air tawar.
     Adapun visi dari SMK N 5 Palangka Raya yaitu “menjadikan SMK pembaharuan yang maju,, modern, berorientasi pasar global yang didukong oleh profesionalisme dan potensi daerah”. Sedangka misi SMK antara lain:
1.      Mendukung visi kota Palangka Raya dalam pemberdayaan potensi daerah.
2.      Mengupayakan terwujudnya tujuan pedidikan nasional, agar menjadi meanusia beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, kreatif dan mandiri.
3.      Mempersiapkan lulusan sebagai potensi masyarakat khususnya dalam bidang usaha perikanan dan umumnya pada usaha agrobisnis, sebagai tenaga kerja yang professional dan mandiri.
4.      Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan pihak terkait dalam bidang pengembangan sekolah dan usaha/ wirausaha.









BAB II. PERMASALAHAN
PERMASALAHAN DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA

A.     Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup
1.      Masalah
Saat pertama kali melakukan survey jika dilihat dari tempat lingkungannya terdapat begitu luas areanya tapi tempatnya terasa begitu gersang dan dipenuhi ilalang. Serta  kesadaran akan kebersihan di SMK belum cukup terlihat, ini terbukti di sekitar toilet masih kotor dan tak ada alat penyiram air.
2.      Alternatif Pemecahan Masalah
Kami dari kelompok 21 memasang slogan kebersihan disekitar toilet dan memberikan sabun dan gayung. Terkait lingkungan lingkungan SMK kami kelompok 21 membersihkan lingkungan sekitar SMK dan banyak menanam berbagai jenis tanaman seperti pohon kelapa, singkong, ketapang,nanas dan berbagai jenis bunga- bungaan.

B.    Bidang Sarana dan Prasarana
1.      Masalah
Sarana dan prasarana yang ada di SMKN 5 Palangka Raya sudah memadai hanya saja kurang dirawat oleh pihak sekolah.
2.  Alternatif Pemecahan Masalah
             Kami dari kelompok 21 membersihkan sarana dan prasarana sekolah dan juga mempercantiknya sehingga dapat terlihat lebih berkesan.





BAB III
RENCANA PROGRAM

3.1         Rencana Program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM)
Rencana Program yang akan dilaksanankan dalam waktu 40 hari selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM) periode pertama tahun 2013 ini. Program K2NM dilaksanakan di Kelurahan Kereng Bengkirai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya. Adapun 2 (dua) rencana program yang terdiri dari beberapa bidang yang akan dilaksanakan di Kelurahan Kereng Bengkirai, yaitu :
1.      Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup
2.      Bidang Sarana dan Prasarana
Program kerja yang dibagi menjadi dua bagian merupakan satu langkah untuk memudahkan kelompok dalam pembagian tugas dalam kelompok kerja. Untuk setiap bidang pekerjaan tersebut dikerjakan oleh kelompok yang telah dibagi. Dalam melaksanakan program kerja dan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM).

Tabel 1. Rencana Program Kerja Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM) Kelompok 21
No.
Program/Sub Program
Waktu Pelaksanaan (Hari)
1.
Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup: menaman berbagai jenis bunga dan pohon.
2 mei 2013 8 mei 20137 Hari)
2.
Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup: membersihkan area SMK
9 mei 2013 18 mei 2013 (10Hari)
3.
Bidang Sarana dan Prasarana: membuat podium, dan mengecat tiang bendera, bak sampah serta membuat pot bunga.
19 mei 23 mei 2013 (5 Hari)
4.
Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup: membuat kolam ikan dan taman.

24 mei  - 10 juni 2013 (18 Hari)



BAB IV
HASIL PELAKSANAAN PROGRAM

4.1         Hasil Pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM)
Hasil Pelaksanaan Program K2NM yang telah dilaksanakan mencapai rata-rata sampai 100% (seratus  persen), adapun program yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut:
o      Menanan berbagai macam bunga.
o      Menanam pohon ketapang, pohon nanas, pohon kelapa, singkong,dan lombok.
o      Membuat kolam ikan.
o      Membuat pot dari bambu.
o      Membuat podium, mengecat tiang bendera dan bak sampah.
o      Membuat taman bunga dalam skala kecil.

Tabel 2. Hasil Pelaksanaan Program K2NM (Kegiatan Harian)
No.
Bidang Program Kegiatan yang dilaporkan
Pencapaian Hasil
%
Uraian Kegiatan yang telah dilakukan
1.
Menanan berbagai macam bunga.

100
Menanam bunga disekitar jalan masuk SMK dan didepan gedung-gedung SMK.
2.
Menanam pohon ketapang, pohon nanas, pohon kelapa.

100
Pohon ditanam di sekitar area SMK.
3.
Membuat kolam ikan.

100
Membuat model kolam ikan di teras kantor guru.
4.
Membuat pot dari bambu.

100
Membuat kerajinan tangan dari bambu.
5.
Membuat podium, mengecat tiang bendera dan bak sampah.


100

Membuat podium upacara dan mengecat tiang bendera serta bak sampah.


6.
Membuat taman bunga dalam skala kecil.

100
Membuat taman kecil diarea jalan masuk SMK.
                                                                                        


































BAB V
PEMBAHASAN

Pembahasan mengenai hasil pelaksanaan setiap program dalam K2NM di SMK N 5 Palangka Raya yang mendasari beberapa bidang, yaitu :
5.1.         Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup
Membantu dalam bidang kebersihan dan lingkungan hidup dilaksanakan pada bulan mei hingga juni 2013 dan sudah mencapai realisasi 100%. Dalam hal ini kami sebenarnya memprogramkan rumah pakan lestari tapi terhambat karena batas waktu kegiatan K2NM yang telah usai dan kurangnya biaya di dalam uang kas kelompok 21. Sehingga kami sepakat untuk membatalkan dalam pembuatannya. Sedangkan dalam program lainnya sudah mencapai realisasi 100%.

5.2.   Bidang Sarana dan Prasarana
Dalam bidang sarana dan prasarana yang dilaksanakan oleh mahasiswa K2NM sudah tersusun dalam program yang direncanakan mahasiswa, yaitu :
a.       Pembuatan podium upacara
dalam proses pembuatan podium ini tidak membutuhkan waktu dan biaya dikarenakan alat-alat yang diperlukan sudah ada di sekolah dan pengerjaannya tidak cukup sulit. Sehingga terealisasi 100%.
b.       Pengecetan tiang bendera, bak sampah dan pembuatan pot bunga.
Sesuai dengan apa yang diinginkan oleh sekolah setempat, untuk memberi cat pada tiang bendera dan bak sampah, maka kelompok kami memasukkan program tersebut pada salah satu program kami. Maka program tersebut juga dapat terealisasi 100% sesuai yang diharapkan. Dan dengan inisiatif kelompok untuk mempercantik ruangan kelas, kami membuat pot bunga dari bambu.







BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN
A.  Kesimpulan
Dengan menyimak pada permasalahan yang terjadi  di SMKN 5 Palangka Raya dapat kita tarik kesimpulan bahwa SMKN 5 Palangka Raya  masih memerlukan perhatian di area lingkungannya yang luas. Sehingga diperlukan perhatian dari semua pihak agar dapat meningkatkan dan mengembangakan SMKN 5 Palangka Raya.
Kehadiran  mahasiswa K2NM terasa cukup membantu pihak sekolah dalam upaya membantu dalam pemecahan masalah yang setidaknya mampu menjalankan dengan baik bukan saja untuk masyarakat tetpi juga dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diharapkan mampu dirasakan oleh mahasiswa K2NM sendiri.

B. Saran-saran
Untuk semua pihak agar mampu memberikan perhatian dan memikirkan yang membangun. Dan program K2NM harus terus dijalankan, demi upaya perubahan kearah yang lebih baik.
Kepada pemerintahan, instansi-instansi terkait agar kiranya memperhatikan aspirasi dari bawah kalangan masyarakat, mendukung program-program yang berorientasi pada pembangunan desa, program K2NM salah satunya, dukungan yang diharapkan bukan hanya moril tetapi tindakan nyata melalui upaya realisasi program dan aspirasi.



Share

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar