DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR …………………………………………………………………. i
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………. ii
DAFTAR TABEL ……………………………………………………………………… iii
BAB I
PENDAHULUAN ……………………………………………………………. 1
1.1
Latar Belakang ……………………………………………………………. 1
1.2
Rumusan Masalah …………..……………………………………………….. 3
1.3
Batasan Masalah ……………….…………………………………………… 3
1.4
Tujuan Penelitian …………………………………………………………….. 3
1.5
Manfaat Penelitian …………………..…………………………………..…… 4
BAB II KAJIAN
PUSTAKA …………………………………………………………..… 5
2.1
Pendekatan Open-Ended ………………………………………..………….… 5
2.1.1 Hakikat Pendekatan
Open-Ended…………………………...……… 8
2.1.2 Aspek-Aspek Pendekatan
Open-Ended ……………………………. 9
2.1.3 Keunggulan dan
Kelemahan Pendekatan Open-Ended…………….. 10
2.2
Penguasaan Materi Trigonometri …………………………...…. ……………. 11
2.2.1 Pengertian…………………………………………………………… 11
2.2.2 Penguasaan Materi …………………………………………………. 11
2.2.3 Materi Trigonometri ……………………………………………….. 12
2.3
Kerangka Berpikir ……………………………………………………...….... 16
2.4
Penelitian Yang Relevan ………………………………………………..…… 17
BAB III METODE
PENELITIAN …………………………………………………….…. 18
3.1
Jenis Penelitian ………………….………………………………………….… 18
3.1.1 Perencanaan Tindakan ……………………………………………… 18
3.1.2 Pelaksanaan Tindakan ……………………………………………… 20
3.1.3 Pengamatan ………………………………………………………… 20
3.1.4 Refleksi …………………………………………………………… 20
3.2
Subyek Penelitian …………………………………………………………….. 21
3.3
Teknik Pengumpulan Data ………………………………………………........ 22
3.4
Teknik Menganalisis Data ……………………………………………………. 23
DAFRAR PUSTAKA
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1 ……………………………………………………………. 13
Gambar 2 ……………………………………………………………. 16
DAFTAR PUSTAKA
Anthony, G.,
(1996). Classroom Instructional
Factors Affecting Mathematics
Stidents’ Strategics
Learning Behaviours. Dalam
Philip C. Clarkson
(editor)
Technology in Mathematics Education. Australia : Mathematics Educatiuon
Research
Group of Australia.
Arikunto,S. dkk.
2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Erman Suherman,
dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA
Universitas
Pendidikan Indonesia.
Hariwijaya,
M (2007). Pedoman Teknis Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Citra Pustaka.
Hehhyanto,
Nar. & Hamid, Akib (2006).Statistika Dasar.Jakarta: Universitas Terbuka.
http://inovasimathopennded.blogspot.com/2013_01_01_archive.html diakses
pada tanggal 11 mei 2013 pukul 22.05
2013
pukul 21.15
diakses pada tanggal 09 mei 2013 pukul 22.05
http://ri2nkurniawati.blogspot.com/2011/12/penerapan-model-pembelajaran-number.html diakses
pada tanggal 20 mei 2013 pukul 23.05
diakses pada tanggal 05 mei 2013 pukul 21.00
Nohda, N.,
(2000). Learning and Teaching Through Open-ended Approacrh Method. Dalam
Tadao Nakahara dan Masataka Koyama (editor) Proceeding
of the 24th of the Intenational Group for
the Psychology of Mathematics Education. Hiroshima: Hiroshima University.
Orton,
Anthony.(1993). Learning Mathematics: Issues, Theory and Classroom Practice. New
York:
British Library.
Purwanto dan Ida Melati S.
(Ed.). (2006). Teknologi Pembelajaran: Peningkatan Kualitas Belajar
melalui Teknologi Pembelajaran.
Jakarta: Pusat Teknologi
Komunikasi dan Informasi Pendidikan.
Puskur.(2002).Kurikulum
dan Hasil Belajar: Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika
Sekolah
Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Balitbang Wadyantini.
Rif”at, M.,
(2001). Pengaruh Pola-Pola
Pembelajaran Visual dalam
Rangka Meningkatkan
Kemampuan Menyelesaikan Masalah-Masalah Matematika
(Eksperimen pada Mahasiswa
Jurusan Pendidikan Matematika
di Kalimantan Barat). Disertasi. UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.
Rusman.
(2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:
PT
Raja Graafindo Persada.
Wirodikromo,
Sartono. (2007). Matematika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
0 komentar:
Posting Komentar